Budidaya dan Review Karet

IconInformasi Tentang Budidaya Tanaman dan Review Karet

Pembukaan Lahan untuk Tanaman Karet

Pembukaan lahan ( Land Clearing ) dimaksudkan agar lahan bersih dari sisa-sisa tumbuhan hasil tebang, sehingga tidak menggangu dalam proses selanjutnya.

Kegiatan Pembukaan Lahan ini meliputi sebagai berikut : 
  1. Penebangan Pohon
  2. Pendongkelan  Akar kayu yang masih tertinggal
  3. Pembabatan Semak Belukar 
  4. Penataan dan pembersihan lahan. 
Setelah kegiatan Pembukaan Lahan ini selesai kita bisa melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu Menata blook-blok, Pembuatan Jalan Kebun dan Penataan saluran air.
  • Penataan blok-blok nantinya untuk mengatur jenis/ kloon tanaman karet dan waktu penanaman. Lahan kebun di petak-petak kedalam blok-blok dan disatukan dalam satu hamparan untuk memudahkan kita mengatur penanaman.
  • Pembuatan Jalan Kebun harus saling berkaitan antara blok satu dengan yang lainnya  supaya proses pengambilan produksi di kebun tidak terhambat, Jarak pikul tidak terlalu jauh, dan Kontrol kebun lebih mudah. Lebar jalan bisa disesuaikan dengan kondisi kebun. 
  •  Penataan saluran air dibuat dengan. Luas penampang disesuaikan dengan curah hujan pada satuan waktu tertentu, dan mempertimbangkan faktor peresapan dan penguapan. Seluruh kelebihan air pada Filed Drain dialirkan pada parit-parit penampungan untuk selanjutnya dialirkan ke saluran pembuangan (outlet drain).

 
 
 
 

Post a Comment 0 comments:

Post a Comment